Home / Info / Sejarah Gampong Jangka Alue
Kantor Keuchik

Sejarah Gampong Jangka Alue

Perkembangan Pembangunan Gampong secara keseluruhan telah mengalami penggeseran kearah yang lebih baik ditandai dengan paska bencana Gempa bumi dan Tsunami Tahun 2004 serta Perjanjian kesepakatan damai  antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka menunjukkan peningkatan yang signifikan, sudah mulai adanya bantuan dari pemerintah “BRR” maupun  swasta yaitu “REKOMPAK” berupa Bantuan Dana Lingkungan (BDL)  yang masuk ke Gampong yang dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, secara umum kondisi sumber daya manusia dan infrastruktur sudah mulai diperbaiki.

Asal Usul Gampong (Legenda)

Ada beberapa versi sejarah tentang asal usul nama Gampong Jangka Alue, kita mengambil versi yang menurut kami lebih mendekati kebenaran dan lebih logis saja, menurut orang-orang tua dahulu kala sebelum kota Bireuen atau Matangglumpang Dua ada, Jangka Alue jadi bandar besar dengan disinggahi banyak kapal-kapal besar dari manca negara. Tentu saja bila kapal-kapal ini berlabuh mereka harus membuat sauh atau jangkar, dari kata-kata jangkar inilah nama Jangka Alue diambil seperti kebiasaan setiap kata dari bahasa melayu yang berkahiran “r” yang diadopsi ke bahasa Aceh akan tidak kedengaran lagi atau dihilangkan huruf “r” nya, contoh “putar” jadi “puta”, dan seterusnya. Maka jangkar jadilah “Jangka”.

Sementara Alue adalah paya atau rawa-rawa, diambil dari sebuag nama rawa kecil disamping meunasah pertama kali dibangun. Jangka Alue dahulunya adalah sebuah kampung besar yang didirikan sekitar tahun 1892. Namun jauh sebelum kemerdekaan, terjadi pemekaran diwaktu pemerintahan “Peutua Leman”. Nama kampung hasil pemekaran tersebut adalah Jangka Alue-U. (ha)

Perkembangan Pembangunan Gampong secara keseluruhan telah mengalami penggeseran kearah yang lebih baik ditandai dengan paska bencana Gempa bumi dan Tsunami Tahun 2004 serta Perjanjian kesepakatan damai  antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka menunjukkan peningkatan yang signifikan, sudah mulai adanya bantuan dari pemerintah “BRR” maupun  swasta yaitu “REKOMPAK” berupa Bantuan Dana Lingkungan (BDL)  yang masuk ke Gampong yang dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, secara umum kondisi sumber daya manusia dan infrastruktur sudah mulai diperbaiki. Asal Usul Gampong (Legenda) Ada beberapa versi sejarah tentang asal usul nama Gampong Jangka Alue, kita mengambil versi yang menurut kami lebih mendekati kebenaran…

Review Overview

User Rating: 2.85 ( 3 votes)

About Gampong Jangka Alue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

GOTONG ROYONG DI KOMPLEK MEUNASAH DESA JANGKA ALUE

JANGKA ALUE – Dalam rangka mewujudkan kebiasaan hidup sehat dan bersih ditempat umum, pada hari minggu ...