Home / Info / Sejarah Kepemerintahan Gampong
Keuchik sedang menerima tamu dari Kecamatan

Sejarah Kepemerintahan Gampong

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh Tim Perencana Gampong dari beberapa nara sumber di Gampong, dan asrip sejarah Gampong maka kepemerintahan Gampong Jangka Alue di mulai dari :

  1. Periode 1945-1946

Pada periode ini (1945-1946) Keuchik Jangka Alue dikomandai oleh Tgk. Arahman Amin (Alm), beliau hanya menjabat selama 1 (satu) tahun.

  1. Periode 1947-1952

Pada periode 1947-1952 Keuchik Jangka  Alue di jabat oleh Tgk. M. Thaib Saleh (Alm), beliau memimpin Gampong Jangka Alue selama 5 (lima) tahun. Pada masa pemerintahannya, maka lahirlah PEMAS (Pendidikan Meunasah Alue Sepakat) dan pada masa itu pula lapangan bola kaki Jangka (yang sekarang lebih dikenal dengan Lapangan PSPU Jangka) yang diperlebar seperti sekarang.

  1. Periode 1952-1970

Geuchik pada masa periode ini dijabat oleh Tgk. Arazak Abed (Alm) yang juga merangkap Imam Meunasah, beliau adalah Umara sekaligus Ulama yang disegani dan dihormati, tidak saja di Gampong Jangka Alue tapi juga di seluruh Kemukiman Jangka, sehingga beliau juga diangkat menjadi Imum Chiek Kemukiman Jangka sampai beliau meninggal.

  1. Periode 1971-1975

Periode ini pemerintahan Gampong Jangka Alue dipegang oleh T.M. Jamil Mahmud, beliau sangat disegani karena ketegasan dan keberaniannya dalam menumpas semua kemungkaran dan kemasiatan.

  1. Periode 1976-1986

Pada periode ini yang jadi Geuchik Jangka Alue adalah Jahidin, beliau adalah tokoh yang dikenang sampai sekarang, karena pada masa pemerintahan beliau Jangka Alue di modernisasi secara total dan hampir semua lini kehidupan disentuh oleh pembangunan. Baliau adalah tokoh karismatik yang mampu menggerakkan masyarakat untuk pro-aktif dalam pembangunan sehingga pada masa pemerintahan beliau Jangka Alue bisa jadi Desa Teladan se-Provinsi Daerah Istimewa Aceh. Seluruh masyrakat Gampong Jangka Alue merasa kehilangan ketika beliau meninggalkan dunia ini.

  1. Periode 1987-1989

Periode 1987-1989 yang diangkat menjadi Geuchik adalah M. Nur Yusuf, beliau hanya Pjs untuk menggantikan Geuchik Jahidin yang telah meninggal.

  1. Periode 1991-2000

Pada periode ini yang jadi Geuchik adalah Tgk. Razali Syamsuddin, pada masa pemerintahan beliau Aceh mulai bergejolak. Beliau memimpin Gampong Jangka Alue sampai tahun 2000.

  1. Periode 2000-2004

Periode ini yang diangkat menjadi Geuchik adalah Drs. Samiun Ilyas, beliau adalah saraja pertama yang memimpin Gampong Jangka Alue, dan masa pemerintahan beliau juga sarana dan prasarana seperti pengaspalan jalan Gampong dibuat. Dan tidak banyak yang bisa beliau perbuat karena pada masa pemerintahannya Aceh berstatus Darurat Militer.

  1. Periode 2005-Sekarang

Periode ini Geuchik diangkat secara demokrasi (pemilihan langsung oleh masyarakat) dan terpilihlah Geuchik T. Johan Marzuki, ST. Beliau adalah Geuchik termuda dalam sejarah pemerintahan Gampong Jangka Alue, dan beliau menjadi Geuchik setelah musibah Gempa dan Tsunami yang memporak-porandakan Aceh. Kemudian bantuan dari seluruh dunia datang untuk merekonstruksikan Aceh kembali. Dengan latar pendidikannya sarjana Teknik Sipil maka seluruh bantuan yang datang ke Gampong Jangka Alue beliau manfaatkan untuk membangun Gampong, sehingga rumah-rumah penduduk, fasilitas-fasilitas umum (Jalan, Sanitasi dan lainya) yang sebelumnya rusak parah direhab dan dibangun baru kembali serta dibantuk dengan keaktifan Sekdes dan Perangka Gampong, maka Jangka Alue sekarang telah memasuki zaman keemasan seperti yang kita lihat saat ini.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh Tim Perencana Gampong dari beberapa nara sumber di Gampong, dan asrip sejarah Gampong maka kepemerintahan Gampong Jangka Alue di mulai dari : Periode 1945-1946 Pada periode ini (1945-1946) Keuchik Jangka Alue dikomandai oleh Tgk. Arahman Amin (Alm), beliau hanya menjabat selama 1 (satu) tahun. Periode 1947-1952 Pada periode 1947-1952 Keuchik Jangka  Alue di jabat oleh Tgk. M. Thaib Saleh (Alm), beliau memimpin Gampong Jangka Alue selama 5 (lima) tahun. Pada masa pemerintahannya, maka lahirlah PEMAS (Pendidikan Meunasah Alue Sepakat) dan pada masa itu pula lapangan bola kaki Jangka (yang sekarang lebih dikenal dengan Lapangan PSPU…

Review Overview

User Rating: 4.55 ( 1 votes)

About Gampong Jangka Alue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

GOTONG ROYONG DI KOMPLEK MEUNASAH DESA JANGKA ALUE

JANGKA ALUE – Dalam rangka mewujudkan kebiasaan hidup sehat dan bersih ditempat umum, pada hari minggu ...