Home / Info / PELAYANAN INFORMASI DAN TRANSPARANSI PUBLIK DI DESA JANGKA ALUE
SAMSUNG CAMERA PICTURES

PELAYANAN INFORMASI DAN TRANSPARANSI PUBLIK DI DESA JANGKA ALUE

JANGKA ALUE – Informasi adalah pemberitahuan atau kabar berita yang disampaikan baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang nomor 14 tahun 2018.

Sejalan dengan amanah UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan dalam rangka memberikan pelayanan informasi yang optimal kepada masyarakat, pemerintah Desa Jangka Alue sebagai struktur pemerintahan di tingkat desa harus memberikan pelayanan informasi kepada publik masyarakat desa Jangka Alue.

Dalam hal ini pelayanan informasi di Desa Jangka Alue dilakukan dengan memberikan informasi kepada masyarakat melalui musyawarah desa, penggunaan website desa, papan informasi, dan penggunaan banner/baliho yang memuat tentang penggunaan dana desa serta kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan, dan pembagian lembaran APBG ke rumah warga. Hal ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan transparansi publik di desa Jangka Alue.

Pada dasarnya, transparansi adalah keterbukaan atas semua tindakan dan kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Transparan di bidang manajemen berarti adanya keterbukaan dalam mengelola suatu kegiatan. Di lembaga pendidikan, bidang manajemen keuangan lembaga pendidikan, yaitu keterbukaan sumber keuangan dan jumlahnya, rincian penggunaan, dan pertanggungjawabannya harus jelas sehingga bisa memudahkan pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengetahiunya.

Dari pengertian transparansi tersebut, tranparansi yang dilakukan di Desa Jangka Alue adalah keterbukan pemerintah Desa Jangka Alue dalam menginformasikan semua tindakan dan kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah Desa Jangka Alue dalam penggunaan dana Desa serta segala bentuk kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan melalui musyawarah desa, website desa, papan informasi, dan penggunaan banner/baliho  yang memuat tentang penggunaan dana desa serta kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan, dan pembagian lembaran APBG ke rumah warga. Dengan demikian, publik/masyarakat Desa Jangka Alue dapat mengetahui tentang penggunaan dana Desa serta segala bentuk kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan. [R.M]

About Gampong Jangka Alue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

GOTONG ROYONG DI KOMPLEK MEUNASAH DESA JANGKA ALUE

JANGKA ALUE – Dalam rangka mewujudkan kebiasaan hidup sehat dan bersih ditempat umum, pada hari minggu ...