Home / Info / UNDANGAN LOMBA DESA TERBAIK KATEGORI PELAYANAN IFORMASI DAN TRANSPARANSI PUBLIK

UNDANGAN LOMBA DESA TERBAIK KATEGORI PELAYANAN IFORMASI DAN TRANSPARANSI PUBLIK

JANGKA ALUE – Pada tahun 2018, Desa Jangka Alue kembali terpilih untuk mengikuti lomba Desa terbaik  Desa Terbaik Kategori Pelayanan Informasi dan Transparansi Publik. Undangan di ini disampaikan oleh DPMG Kabupaten Bireuen. Tujuan pelaksanaan Lomba Desa ini adalah untuk meningkatkan pelayanan informasi  dan transparansi kepada masyarakat. Lomba Desa terbaik Kategori Pelayanan Informasi dan Transparansi Publik tahun 2018 ini dibawah naungan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Kriteria umum Desa terbaik dalam penganugerahan Desa ini antara lain; (1). Melaksanakan tahapan perencanaan sesuai jadwal yang ditetapkan; (2). Menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait seluruh kegiatan perencanaan anggaran kepada masyarakat; (3). Melaksanakan perencanaan dan penentuan anggaran melalui musyawarah yang partisipatif; (4). Melaksanakan musyawarah sesuai ketentuan Permendes No 2 Tahun 2015; (5). Dalam penentuan kegiatan yang didanai dari Dana Desa berdasarkan program  prioritas penggunaan Dana Desa, sebagaimana diatur dalam Permendesa PDTT No  19 tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2018; (6). Memberikan informasi terkait pengelolaan Dana Desa melalui Media informasi  kepada masyarakat; (7). Melaksanakan pembangunan Desa yang bersumber dari Dana Desa dengan  swakelola; (8). Melaksanakan pembangunan khususnya yang bersumber dari dana desa dengan pola padat karya tunai; (9). Melaksanakan pembangunan khususnya yang bersumber dari Dana Desa  menggunakan sumberdaya lokal; (10). Melaksanakan pengelolaan Dana desa sesuai dengan aturan perundang-undangan  yang berlaku; (11). Menyampaikan informasi penggunaan Dana Desa kepada masyarakat melalui  media informasi atau melalui musyawarah; (12). Menyampaikan Laporan penggunaan Dana tepat waktu.

Berdasarkan dari tujuan dan kriteria umum, kategori desa terbaik dibagi menjadi empat (4) kategori, yaitu: (1). Desa Terbaik Kategori Penguatan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat  Desa; (2). Desa Terbaik Kategori Pelaksanaan Prioritas Penggunaan DD dan Padat Karya  Tunai; (3). Desa Terbaik Kategori Prakarsa dan Inovatif; (4). Desa Terbaik Kategori Pelayanan Informasi dan Transparansi Publik.

Adapun Desa Jangka Alue hanya terpilih mengikuti lomba Desa terbaik pada kategori ke 4 yaitu: Desa Terbaik Kategori Pelayanan Informasi dan Transparansi Publik. Maka dengan terpilihnya Desa Jangka Alue pada lomba Desa ini, Desa Jangka Alue harus menonjolkan pelayanan di bidang Informasi dan Transparansi publik pada lomba Desa ini. Informasi dan Tranparansi meliputi pelayanan penyampaian segala informasi yang berkaitan dengan kegiatan dan penggunaan dana yang ada di Desa Jangka Alue. Penyampaian Informasi dan Transparansi publik ini dilakukan dengan penggunaan musyawarah desa, website desa, papan informasi, dan penggunaan banner/baliho  yang memuat tentang penggunaan dana desa serta kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan, dan pembagian lembaran APBG ke rumah warga.

Lomba Desa ini diharapkan dapat mendorong daerah dan Desa untuk memacu diri,  bekerja lebih keras dalam rangka mensukseskan terlaksananya prioritas pembangunan  dan Pemberdayaan Desa dalam konteks pelaksanaan UU No 6 Tahun 2014 tentang  Desa. [M.S] 

About Gampong Jangka Alue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

GOTONG ROYONG DI KOMPLEK MEUNASAH DESA JANGKA ALUE

JANGKA ALUE – Dalam rangka mewujudkan kebiasaan hidup sehat dan bersih ditempat umum, pada hari minggu ...