Home / Info / USAHA PANGKALAN LPG 3 KG MILIK BUMG JANGKA ALUE

USAHA PANGKALAN LPG 3 KG MILIK BUMG JANGKA ALUE

JANGKA ALUE – Mengikuti program pemerintah  yang sudah memberlakukan konversi dari minyak tanah ke gas elpiji untuk segment rumah tangga telah menjadi sebuah peluang usaha yang  bagi sebagian orang yang dapat memanfaatkan peluang bisnis ini. Oleh karena itu, desa Jangka Alue melalui Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Paya Sembilan Group mendirikan sebuah usaha yang dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga masyarakat yaitu berupa sebuah usaha Pangkalan LPG 3 kg. Usaha ini dirintis pada awal tahun 2018 yang berpusat di depan lapangan bola kaki Desa Jangka Alue.

Pengembangan BUMG Desa jangka Alue di bidang usaha Pangkalan LPG 3 kg ini adalah sebagai upaya konsolidasi perekonomiam pedesaan berorientasi pada kebutuhan dan potensi desa, dan memprioritaskan usaha dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat. Semenjak adanya pangkalan ini, masyarakat Desa Jangka Alue mulai membeli gas LPG 3 kg di pangkalan milik BUMG Jangka Alue. Sebuah kebanggaan bagi pemerintah Desa Jangka Alue serta pengurus BUMG karena dapat memberdayakan ekonomi dalam menciptakan diversifikasi usaha produktif serta memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal penyaluran gas LPG 3 kg.

Pendirian usaha ini juga didasari atas masalah ketersediaan gas elpiji di pangkalan sering kali mengalami kekurangan dan selalu ludes terjual meskipun pasokan dari agen besar gas elpiji 3 kg rutin memberikan pasokan. Untuk itulah dalam meyediakan kebutuhan masyarakat seringkali kualahan karena stok yang terbatas. Artinya, permintaan akan kebutuhan elpiji sudah tidak dapat dielakkan lagi sehingga berapapun banyaknya penjual atau pengusaha pangkalan gas elpiji 3kg, tetap saja mereka akan dengan mudah untuk menjual dagangannya.

Perlu di ketahui bahwa pendirian dan pengembangan BUMG merupakan sebagai upaya konsolidasi perekonomiam pedesaan berorientasi pada kebutuhan dan potensi desa, dan memprioritaskan usaha dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarkat salah satunya adalah seperti bidang usaha penyaluran gas LPG 3 kg untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga masyarakat Desa.

Potensi Desa yang layak dikembangkan dan dikelola memalui BUMG adalah sumberdaya pedesaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat pedesaan, usaha-usaha masyarakat pedesaan yang secara parsial belum terakomodasi dan terkendala oleh banyak hal seperti permodalan, pengolahan hasil (industri pedesaan), pemasaran, dan lain- ain, serta usaha-usaha yang belum optimal dieskplorasi.

Pendirian dan pengembangan BUMG di pedesaan dimaksudkan untuk memfasilitasi desa menjadi desa otonom dan mandiri. Pembentukan BUMG akan menjadi instumen pembentukan dan peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD). Pembentukan dan peningkatan PAD akan menjadi modal pembentukan kegiatan-kegatan pembangunan melalui prakarsa lokal (desa), sehingga secara bertahap akan mengurangi ketergantungan terhadap pemerintah, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah.

Hal inilah yang dimaksud dengan pemberdayaan yang berorientasi pada self sufficient dan kemandirian dengan tersedianya dana pengelolaan dan pembiayaan pembangunan untuk desa tersebut. Apabila pembangunan pedesaan dapat berjalan dengan baik, maka diharapkan berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat pedesaan. [ms]

About Gampong Jangka Alue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

GOTONG ROYONG DI KOMPLEK MEUNASAH DESA JANGKA ALUE

JANGKA ALUE – Dalam rangka mewujudkan kebiasaan hidup sehat dan bersih ditempat umum, pada hari minggu ...