Home / Info / KEGIATAN KEAGAMAAN DI DESA JANGKA ALUE

KEGIATAN KEAGAMAAN DI DESA JANGKA ALUE

JANGKA ALUE – Perlu kita membahas tentang kegiatan-kegiatan keagamaan di Desa Jangka Alue. Mengingat hal ini adalah yang perlu untuk dijaga karena kegiatan keagamaan ini adalah jalan untuk setiap insan yang beragama islam mencapai akhirat yang baik. Kegiatan keagamaan adalah segala aktivitas dalam kehidupan yang didasarkan pada nilai-nilai agama, yang diyakini agar tidak terjadi kekacauan di dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak sekali kegiatan keagamaan yang dilakukan di desa Jangka Alue, diantaranya adalah; (1) Kegiatan menghidupkan shalat lima waktu secara berjamaah, (2) Kegiatan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Desa, (3) kegiatan balai pengajian Dusun untuk anak-anak, dan (4) Kegiatan Menghidupkan pengajian rutin untuk masyarakat.

Adapun kegiatan yang pertama menghidupkan shalat lima waktu berjamaah adalah kegiatan wajib yang rutin bagi setiap individu yang beragama Islam. Akan tetapi, shalat berjamaah pada zaman sekarang ini masih sangat sedikit dilakukan orang islam. Mengingat akan hal tersebut, maka Desa Jangka Alue melalui imam Desa selalu melakukan aktivitas shalat berjamaah di meunasah lima waktu serta selalu menghimbaukan kepada warga Desa untuk melakukan shalat berjamaah. Himbau ini juga disampaikan dalam pengajian rutin yang sering dilakukan.

Kegiatan yang kedua adalah kegiatan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Desa. Kegiatan Taman Pendidikan Al-Qur’an dilakukan setiap hari senin sampai hari jumat. Kegiatan ini bertujuan untuk mendidik generasi dari Desa Jangka Alue untuk bisa mengerti tentang pendidikan agama Islam. Pendidikan agama pada akhir-akhir ini sangat merosot apalagi pada tingkat generasi kanak-kanak, remaja, bahkan pada generasi orang dewasa. Maka untuk itu, Desa Jangka Alue berupaya mengembangkan kegiatan pendidikan Al-qur’an guna untuk mendidik anak-anak yang ada di Desa Jangka Alue supaya bisa mengerti tentang ilmu-ilmu Al-Qur’an, membaca Al-qur’an dengan baik, dan bisa menghafal Al-qur’an, serta dapat memahami Al-Qur’an dengan Baik.

Kegiatan yang ketiga adalah kegiatan balai pengajian Dusun untuk anak-anak. Selain adanya Taman Pendidikan Al-Qur’an, desa Jangka Alue juga membentuk kegiatan balai pengajian Dusun untuk anak-anak supaya anak-anak lebih bisa lagi dalam memahami apa yang telah dipelajari di  Pendidikan Al-Qur’an di balai pengajian Dusun. Dalam pengajian Dusun ini anak-anak juga mempelajari tata cara membaca Al-Qur’an dengan baik, menghafal Al-Quran. Perlu diketahui bahwa pengajian dusun adalah balai pengajian yang ada di masing-masing dusun yang ada di Desa Jangka Alue. Desa Jangka Alue memiliki tiga Dusun yaitu; (1) Dusun Tunong, (3) Dusun Teungoh, dan (3) Dusun Baroh. Tiap-tiap dusun memiliki 2 balai pengajian. Dalam balai pengajian Dusun ini di dididik oleh seorang pendidik yang handal di bidang ilmu Al-Qur’an. Pengajian balai Dusun ini dilakukan di rumah warga Desa Jangka Alue.

Kemudian kegiatan yang keempat adalah kegiatan menghidupkan pengajian rutin untuk masyarakat. Kegiatan ini dibagi atas dua kegiatan yaitu; (1) pengajian untuk seluruh elemen masyarakat yang terdiri dari bapak-bapak, ibu-ibu, anak-anak, serta pemuda yang dilakukan setelah shalat Magrib sampai dengan masuk waktu shalat Isya; (2) pengajian khusus untuk ibu-ibu dan remaja putri yang biasa dilakukan pada siang hari jam 14.00 WIB.

Itulah beberapa serangkaian kegiatan dibidang keagamaan yang ada di Desa Jangka Alue. Tujuan dari pengembangan kegiatan-kegiatan tersebut tidak lain adalah untuk menjadikan masyarakat Desa Jangka Alue untuk lebih memahami tentang ilmu agama Islam. Mempelajari Ilmu agama Islam sangatlah penting mengingat praktek ibadah yang dilakukan tidak akan diterima oleh Allah bila tidak didasari oleh ilmu pengetahuan yang benar. [ms]

About Gampong Jangka Alue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

GOTONG ROYONG DI KOMPLEK MEUNASAH DESA JANGKA ALUE

JANGKA ALUE – Dalam rangka mewujudkan kebiasaan hidup sehat dan bersih ditempat umum, pada hari minggu ...