Home / Info / SOSIALISASI PKH 2018 DI DESA JANGKA ALUE

SOSIALISASI PKH 2018 DI DESA JANGKA ALUE

JANGKA ALUE – Sosialisasi PKH 2018 dilalukan di Jangka Alue pada hari Rabu tanggal 12 September 2018 bertempat di Meunasah Jangka. Sosialisasi ini bertujuan untuk menyampaikan segala informasi yang mengenai data dan dana PKH. sosialisasi ini disampaikan oleh anggota penyuluh PKH ditingkat Kecamatan.

Gambar: Proses Sosialisasi

Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH. Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.
Dasar hukum Program Keluarga Harapan (“PKH”) adalah Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan (“Permensos 1/2018”).  Tujuan dari PKH ini antara lain adalah untuk meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial; serta mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan.
Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkanberbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.
Awal tahun 2018 lalu, Presiden Jokowi membuka wacana menaikkan dana PKH menjadi Rp 2 juta per keluarga penerima manfaat pada tahun depan. Namun dirinya mensyaratkan kenaikan ini dapat dilakukan, apabila ada kenaikan anggaran. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat Desa Jangka Alue memperoleh informasi terbaru tentang program PKH. apa yang disampaikan oleh penyuluh dari program PKH dapat diikuti dengan baik. [ms]

About Gampong Jangka Alue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

GOTONG ROYONG DI KOMPLEK MEUNASAH DESA JANGKA ALUE

JANGKA ALUE – Dalam rangka mewujudkan kebiasaan hidup sehat dan bersih ditempat umum, pada hari minggu ...