Home / Info / GOTONG ROYONG DI KOMPLEK MEUNASAH DESA JANGKA ALUE

GOTONG ROYONG DI KOMPLEK MEUNASAH DESA JANGKA ALUE

JANGKA ALUE – Dalam rangka mewujudkan kebiasaan hidup sehat dan bersih ditempat umum, pada hari minggu tanggal 23 September 2018, masyarakat Desa Jangka Alue melakukan kegiatan gotong royong. Gotong royong ini sekaligus menjadi suatu kegiatan yang dapat menumbuhkan nilai kekompakan masyarakat Desa Jangka Alue. Budaya gotong royong kerja bakti biasanya dilakukan untuk mengerjakan sesuatu hal yang sifatnya untuk kepentingan umum dalam masyarakat.

Seperti yang kita ketahui, gotong royong merupakan suatu nilai atau suatu kebiasaan bahkan menjadi ciri khas dari masyarakat Indonesia yang diajarkan oleh nenek moyang kita. Bahkan ketika zaman dulu gotong royong merupakan sesuatu hal yang wajib dilakukan. Zaman dulu gotong royong dilakukan biasanya dengan cara kerja bakti karena dengan mengamalkan nilai gotong royong saat kerja bakti pekerjaan yang berat akan terasa ringan karena dikerjakan dengan bersama.

Gotong royong berarti mengangkat secara bersama-sama atau mengerjakan sesuatu secara bersama-sama. Gotong royong dapat dipahami pula sebagai bentuk partisipasi aktif setiap individu masyarakat untuk ikut terlibat dalam memberi nilai positif dari setiap obyek, permasalahan, atau kebutuhan orang-orang di sekelilingnya. Partisipasi aktif tersebut bisa berupa bantuan yang berwujud materi, keuangan, tenaga fisik, mental spiritual, ketrampilan, sumbangan pikiran atau nasihat yang konstruktif. partisipasi inilah yang terus diwujudkan oleh masyarakat Desa Jangka Alue.

Melalui kegiatan gotong royong akan diperoleh berbagai nilai hidup dan manfaat. Salah satu nilai hidup yang dapat diperoleh dari gotong royong adalah persatuan. Dengan gotong royong kita akan menjalin interaksi antar satu sama lain untuk saling membantu satu sama lain. Dari sinilah akan terjalin nilai persatuan antar masyarakat untuk menghadapi segala segala sesuatu secara bersama-sama. Manfaat yang sangat terasa dari gotong royong adalah pekerjaan akan terasa lebih ringan karena melalui gotong royong segala sesuatu dikerjakan secara bersama-sama sehingga tidak terasa memberatkan.

Semoga dengan adanya kegiatan gotong royong, masyarakat Desa Jangka Alue akan selalu dalam kebiasaan hidup sehat dan bersih ditempat umum. selain itu dapat menumbuhkan nilai kekompakan masyarakat Desa Jangka Alue. Amin. [ms]

About Gampong Jangka Alue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PEMBERIAN HADIAH PADA PROGRAM TUE GASEH ANEUK DI DESA JANGKA ALUE

JANGKA ALUE – Dalam rangka mengapresiasi setiap Ibu hamil dan baru melahirkan yang suaminya bukan perokok, ...