Home / Uncategorized / MUSRENBANG GAMPONG JANGKA ALUE TAHUN 2020

MUSRENBANG GAMPONG JANGKA ALUE TAHUN 2020

Jangka Alue. Pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Desa (Musrenbangdes) perencanaan tahun anggaran 2020 di Gampong Jangka Alue dilaksanakan pada hari Jumat,(24/1) bertempat di Meunasah Gampong  Jangka Alue. Musrenbang Gampong  adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) Gampong untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Gampong (RKPG) tahun anggaran 2020. Musrenbang Gampong dilaksanakan dengan mengacu pada RPJM Gampong. Setiap Gampong diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Gampong dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Gampong.

Dalam Musrenbangdes hadir seluruh Komponen Masyarakat terdiri dari  Tuha Peut Gampong Jangka Alue, Tuha Lapan, Imam gampong,  Peutua Dusun, Pemuda , Satgas Narkoba, PKK, Ketua Yayasan  Pemas (Pendidikan Meunasah Alue Sepakat), serta Tokoh-Tokoh Masyarakat selaku pemangku kepentingan. Musrenbang gampong ini  dilaksanakan untuk menyepakati usulan kegiatan sekala prioritas, baik yang di danai oleh Dana PAG (Pendapatan Asli Gampong) ,  maupun sumber dana APBD  Kabupaten, APBD Provinsi serta melalui APBN yang di usulkan nantinya melalui Musrenbang Kecamatan.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Sekdes, Herri S.Sos  dan dilanjutkan dengan sambutan atau kata-kata perpisahan dari mantan Ketua Tuha Peut , Saifanni,S.Ag . Beliau telah mengundurkan diri dari jabatan berhubung sudah pindah alamat (tempat tinggal ) ke desa Meunasah Dayah Kecamatan Peusangan. Pada sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jangka Alue yang telah mempercayakan dirinya memimpin lembaga Tuha Peut Gampong Jangka Alue selama delapan tahun , yaitu mulai dari tahun 2011 sampai sekarang.  Beliau juga menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Jangka Alue jika selama ini ada kekhilafan dalam bekerja dan berinteraksi dengan masyarakat. Kemudian Keuchiek gampong Jangka Alue, Faisal memberikan sedikit cendera mata kepada , Tgk Saifanni,S.Ag sebagai rasa terima kasih atas jasa-jasanya memimpin lembaga Tuha Peut selama ini.  Tentu saja apa yang diberikan oleh Keuchiek tak sebanding dengan sumbangsih tenaga , pikiran serta  ilmu yang beliau berikan kepada gampong Jangka Alue selama ini.

Kemudian acara di lanjutkan dengan Sambutan pembukaan Musrenbang oleh Keuchiek Jangka Alue, Faisal. Keuchiek memaparkan rencana program tahun 2020 serta mengajak peserta yang hadir dalam Musrenbangdes kali ini dan seluruh lapisan masyarakat untuk aktif memberikan masukan demi kemajuan gampong .

Ketua Tuha Peut yang baru , CH.Asri Nazar, dalam sambutan kedua  menyampaikan tujuan Musrenbangdes, yakni untuk menyelaraskan Pembangunan Gampong dimana harus melalui tahapan dan tatanan RKPDes serta melaksanakan Pembangunan dengan sekala Prioritas.

“Forum ini mari kita gunakan untuk saling bermusyawarah dan mendiskusikan program – program prioritas yang akan kita laksanakan ke depannya. Semua yang hadir pada hari ini silahkan memberikan usulan – usulan yang membangun untuk kemajuan Gampong Jangka Alue,” tegasnya.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan tanya jawab yang di pimpin oleh Sekdes, masing- masing bidang memusyawarahkan tentang usulan – usulan yang menjadi skala prioritas untuk di paparkan dan mendapatkan persetujuan sekaligus nantinya akan diajukan  dalam DURKP Gampong tahun 2020.

Dari hasil musyawarah dengan seluruh elemen masyarakat diputuskan skala prioritas yang pertama yang harus dikerjakan adalah lanjutan pembangunan tempat Wudhu . Mengingat bulan Ramadhan sudah di depan mata maka Pemerintah Gampong  dalam minggu ini harus mencari solusi agar segera membangun tempat Wudhu. Di ikuti dengan prioritas yang kedua yaitu pembangunan saluran tersier . Sementara usulan prioritas untuk Kabupaten adalah pengaspalan jalan gampong dan pembangunan baru 2 Jembatan penghubung Dusun Tengoh dan dusun Baroeh .

Alhamdulillah, Musrenbang Gampong  berjalan dengan lancar dan nanti semua usulan akan disampaikan kepada Kecamatan untuk menjadi bahan kajian dalam pembangunan sekala prioritas serta dimasukan DURKP di Musrenbang Kecamatan, sesuai dengan sumber dana yang menjadi kewenangan.(raja)

 

About Gampong Jangka Alue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1439 H

Keuchik Gampong Jangka Alue berserta Jajaran Aparatur Pemerintahan Gampong Jangka Alue mengucapkan Selamat Hari Raya ...