Home / Uncategorized / Sosialisasi Konvergensi Pencegahan Stunting Gampong Jangka Alue, Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen.

Sosialisasi Konvergensi Pencegahan Stunting Gampong Jangka Alue, Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen.

Jangka Alue ▪ Bertempat di Meunasah Gampong Jangka Alue, Dalam rangka pencegahan stunting pada anak, pemerintah gampong melakukan sosialisasi Konvergensi Pencegahan dan penanganan stunting di Gampong Jangka Alue, Kecamatan Jangka pada hari Selasa 10/11. Dengan dihadiri oleh Camat Kecamatan Jangka yang diwakili oleh Sekcam, Kepala Puskesmas Jangka, Babinsa Dan Bhabinkamtimmas serta dari Pendamping Desa.
Keuchiek Gampong Jangka Alue, Faisal dalam kata pembukaannya mengharapkan kepada masyarakat supaya dapat mengikuti acara dengan serius dan dapat mengambil pelajaran dari acara Sosialisasi Konvergensi Pencegahan Stunting hari ini. Sehingga nantinya gampong Jangka Alue akan terbebas dari persoalan Stunting dan generasi yang lahir di Jangka Alue adalah generasi yang berkualitas.
Sekcam Kecamatan Jangka, Bapak Armia,SH , pada kata sambutan mengatakan bahwa Sosialisasi Konvergensi Pencegahan Stunting ini adalah program pemerintah yang seharusnya dilaksanakan pada tahun 2019. Tapi berhubung ada kendala baru bisa terlaksana sekarang. Menurut beliau” lebih baik terlambat dari pada tidak ada sama sekali”, mengingat betapa penting nya acara ini.

Kepala Puskesmas Kecamatan Jangka, Bukhari,S.K.M sebagai salah seorang nara sumber mengatakan bahwa stunting atau yang biasa disebut dengan kekerdilan adalah suatu kondisi tumbuh kembang anak yang terganggu akibat masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi anak yang buruk dalam jangka waktu yang cukup lama. sehingga anak yang berusia dibawah lima tahun memiliki tubuh yang lebih pendek atau sangat pendek dari seusianya yang lain. Sosialisasi diharapkan dapat disampaikan kepada para orang tua terutama ibu hamil yang memilik balita untuk memberikan gizi yang cukup untuk memunuhi kebutuhan gizi anak dan menerapkan kehidupan bersih dan sehat demi mewujudkan sumber daya manusia yang berkwualitas .
Beliau menambahkan bahwa , ada factor lain yang turut mempengaruhi misalnya sanitasi yang buruk, buruknya sanitasi terkait erat dengan prevelensi stunting. Dan Alhamdulillah Gampong Jangka Alue dalam hal akses penduduk ke Jamban sudah sangat bagus. Artinya tak ada lagi penduduk yang uang air besar di tanah, sungai atau parit. Sehingga Jangka Alue sudah termasuk salah satu Gampong tersehat menurut Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen.
.
Acara ditutup dengan pemberian paket bantuan kepada ibu Hamil (Bumil) sebanyak 5 Paket, untuk Bayi Gizi menurun 3 Paket (BGM) , Bayi Exsklusif (Bay Exsklusif) 3 Paket dan Paket Bayi > Balita umur 0 s/d 5 tahun 64 Paket . (raja)

About Gampong Jangka Alue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

QURBAN 1440 H/ 2019 M

Dalam rangka menyambut hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah Masyarakat Gampong Jangka Alue menyembelih hewan ...